Daftar Blog Saya

Apa yang anda cari

Pesan Tiket Pesawat

Jumat, 22 Januari 2010

Nokia Tawarkan GPS Gratis di 74 Negara

Teknologi
[Bookmark this] [Print this page] [Send to mail]
22/01/2010 - 11:18
[increase] [decrease]
Nokia Tawarkan GPS Gratis di 74 Negara

(theguardian.com)

INILAH.COM, Jakarta - Nokia mengenalkan fitur navigasi gratis pada ponselnya di 74 negara. Langkah ini menjadi tantangan langsung pada Google dan seluruh industri navigasi GPS.

Versi baru Ovi Maps, tersedia pada 10 telepon baru akan dipasarkan dalam beberapa minggu ke depan.

Layanan itu menawarkan penunjuk arah berpanduan suara, menampilkan fitur text-to-speech, bantuan jalur, lalu lintas dan perbaikan jalan.

Informasi dan rincian isi itu didapat dari mitra termasuk Lonely Planet dan Time Out, semuanya gratis.

Peta akan mencakup 180 negara, navigasi akan tersedia untuk 74 negara. Pada bulan Maret, semua smartphone GPS-enabled baru Nokia akan menyertakan perangkat lunak itu.

"Saya berharap ini akan tersedia secara global, termasuk di Amerika Serikat," kata Executive Vice President Nokia Tero Ojanpera.

Tidak mengherankan, rencana Nokia itu membuat saham pembuat GPS Garmin Tomtom turun tajam akibat munculnya berita itu.

Google mendapat banyak publikasi baru-baru ini saat memperkenalkan navigasi berpanduan suara gratis bersama dengan Motorola Droid. Tetapi Droid dan GSM Doppelgänger, hanya tersedia di beberapa negara, sementara smartphone Nokia adalah best-seller di seluruh dunia.

Nokia 5800 misalnya, yang hampir tidak dikenal di AS, terjual lebih dari 3 juta unit dalam enam bulan pertama di pasar di Eropa dan Asia, menurut Nokia.

Nokia telah menawarkan Ovi Maps beberapa waktu, dalam paket layanan dengan Nokia 5800. Tapi hampir semua ponsel Nokia yang didukung navigasi panduan suara harus dengan biaya bulanan, termasuk konten panduan berbayar dari Lonely Planet.

Kini semua biaya-biaya itu telah dihapus oleh Nokia.[ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com