Daftar Blog Saya

Apa yang anda cari

Pesan Tiket Pesawat

Sabtu, 11 Juni 2011

ASIKNYA NAIK GAJAH KE HUTAN DI WAY KAMBAS BERSAMA KELUARGA



KALAU mau melihat Gajah dengan puas, jangan Cuma di Kebon Binatang.Pergi saja bersama keluarga wisata ke “Taman Nasional Way Kambas” ( TNWK ) DI “ Provinsi Lampung “ tentunya tidak jauh dari Jakarta bukan.
Disana kita bias bermain main langsung dengan gajah gajah liar yang sudah di Jinakkan oleh para pelatih yang berpengalaman. Gajah Gajah tersebut bisa ditunggangi keliling Hutan TNKW, dan kita pun sekalian bias melihat tempat penangkaran Gajah Sumatra.

Apakah hanya Cuma ada gajah di Way Kambas ?
Ternyata tidak hanya gajah saja yang ada disana,selain kita bias menikmati suasana alam yang segar karena masih Hijau dan Sejuk,juga masih banyak jenis binatang lain yang tak kalah menariknya.

Hal ini sangatlah menarik dan boleh dicoba berlibur bersama keluarga atau bersama teman teman saat liburan sekolah nanti.

Sejarah Taman Nasional Way Kambas :
Taman Nasional Way Kambas berdiri berdasarkan SK Mentri kehutanan
No : 670/Kpts-II/1999.
Nama           : TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS.
Berdiri        :  1985.
Luas TNWK : kurang Lebih 125.621,3 hektar.
Gajah sdh Jinak : 290 Ekor.
Letak           : Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.
Hewan yang ada : Gajah, Harimau Sumatra,Badak Sumatra,aneka Macam
                            Burung,Reptil dan Ikan.

Hewan hewan ini hidup dalam Ekosistem Hutan dataran rendah yang terdiri dari Hutan Rawa air Tawar,Semak belukar,hutan dan Pantai.Lokasi TNWK ada di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.

Gajah Gaja yang hidup di TNWK ada yang masih Liar dan ada juga yang sudah jinak,Gajah gajah tersebut dilatih berbagai bentuk permainan seperti Sepak Bola,Gajah Berdiri, Gajah Duduk,Gajah Menggalungkan Bunga,Memberi Hormat,dan tak kalah menariknya gajah pun bisa berpose saat akan diFoto bak pragawati.

“ MENUNGGANG GAJAH 

Ketika kita sampai di pintu gerbang SELAMAT DATANG di TNWK,
Para pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-.
Lalu kita mulai masuk ke dalam kawasan TNWK.yang jaraknya kurang lebih 9 Kilometer.Para penggunjung akan langsung ke lokasi Gajah gajah berlatih,
Ditempat inilah kita bisa melihat para gajah gajah berlatih dengan para pelatihnya .

Bagi pengunjung yang ingin “SAFARI dengan GAJAH “ cukup mengeluarkan biaya Rp 50.000,-.Anda akan berkeliling masuk hutan belantara,ke semak semak belukar,ke Habitat Gajah.tentunya anda tidak sendirian ,anda akan ditemani oleh sang pawang gajah. Sangatlah murah dan menarik karena sebuah pengalaman yang langka tentunya ini.

Bagi yang ingin menyaksikan atraksi Gajah dikenakan tiket Rp 15.000,- saja.
Dilokasi TNKW anda sekeluarga ta perlu khawatir kelaparan karena disana juga ada jualan berbagai makanan.

HARIMAU SUMATRA

Selain dikenal sebagai tempat pemeliharaan Gajah, Taman Nasional Way Kambas juga ada berbagai binatang seperti : Harimau Sumatra,Badak Sumatra,Anjing Hutan,SiAmang, serta berbagai macam burung antara lain : Bebek Hutan,Bangau.Berbagai repti dan ikan juga ada di TNWK.

Di Pusat pelatihan Gajah selain kita bisa bersafari dan melihat atraksi kita juga dapat menyaksikan cara para pelatih gajah mendidik dan melatih gajah liar hingga menjadi jinak.Ini pekerjaan yang luar biasa.Para pawang pawang ini sudah berpuluh tahun menggeluti pekerjaan ini.Penuh kesabaran dan keuletan.

Karena gajah gajah ini sudah sampai ke taraf bermain sirkus,seperti atraksi main Sepak Bola,menari,berjabat tangan,memberi hormat,mengalungkan bunga,tarik tambang, berenang dan lain lain.

Lokasi TNWK yang begitu luas dengan dataran nanindah serta asri,bisa digunakan untuk berkemah atau menyambut pergantian tahun baru.

Sedang bagi masyarakat yang menyuka tantangan & penelitian  di TNWK sangat lengkap dengan menyusuri Kali Biru,Rawa Gajah dan Kuala Kambas.

63 Gajah sudah terlatih.
Pusat pelatihan Gajah ini didirikan sejak 1985.
Gajah yang suda sangat terlatih ada 63 ekor dan didampinggi pawing sebanyak 63 pawang Ahli.

Bagai mana cara menuju TNWK ???

Untuk mencapai Taman Nasional Way Kambas tidaklah sulit.Karena jalannya bagus dan bisa ditempuh dari arah mana saja Darat,Laut dan Udara.

Kalau dari Jakarta : Bisa menggunakan Bus atau mobil pribadi menuju pelabuhan Merak ( Banten ),lalu naik kapal Feri dan turun di Pelabuhan Bakauheni,Lampung.
Kemudian naik Bus/Mobil menuju ke Jalan Way Jepara langsung masuk ke arah TNWK.Hanya menghabiska waktu 8 jam perjalanan.

Dari Bandar Lampung : Naik kendaraan Melewati Metro masuk ke Way Jepara dan langsung masuk ke TNWK, Hanya menghabiskan waktu 2 jam ( denga jarak 112 km ).

Dengan Pesawat terbang ( Wisatanan domestik dan Internasional ).
Dari Jakarta ( Bandara Sukarno Hatta ) naik pesawat jurusan Lampung ( Bandara Raden Intan Branti ),Dari Bandara Branti naik Mobil melewati Metro ( Ibu kota Lampung Tengah ),lalu ke Way Jepara,setelah itu langsung menuju ke TNWK. Total Waktu Dari Bandara Branti kje Way Kambas hanya 1 Jam 30 menit ( Jarak 100 km ).(koesma/ds)

www.poskota.co.id

Selamat menikmati perjalanan ke Way kambas,selamat berpetualang dengan Gajah Sumatra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com