Daftar Blog Saya

Apa yang anda cari

Pesan Tiket Pesawat

Kamis, 01 September 2011

Perlukah kita erencanakan keuangan ( Jangka pendek,menengah,dan Panjang ) ?


Perencanaan Keuangan

Ingin hidup lebih aman? Bikin rencana keuangan!
Kecuali Anda menolak hidup yang lebih aman, merencanakan keuangan itu penting lho. Sangat penting! Caranya?
Pahami posisi keuangan Anda saat ini, tentukan tujuan keuangan yang Anda ingin capai, lalu rancang rencana untuk memperbaiki posisi itu. Kelihatan kompleks? Iya sih. Butuh kerja keras dan komitmen tinggi pula. Tapi satu hal sudah pasti: Yang Anda nikmati nanti sesuai dengan perjuangan hari ini.
Kalau keuangan direncanakan dengan baik, Anda punya tameng untuk hadapi peristiwa apa pun dalam hidup. Apakah ada badai menerjang, atau tabung gas 3 KG meledak, Anda siap 100 persen.
Ya, Saya Mau Hidup Aman. Tapi Kenapa Harus Rencanakan Keuangan sih?
Iya deh. Hari ini keuangan Anda kelihatan sehat walafiat. Nggak ada debt collectoryang mengejar sampai ke ujung bumi. Beragam kebutuhan terpenuhi. Bahkan Anda sempat menggendutkan tabungan sedikit demi sedikit.
Segalanya tampak beres. Tapi, gimana kalau… KALAU lho ya…
… besok tiba-tiba Anda di-PHK? Atau, anak Anda masuk SMP dan setumpuk tagihan baru (seragam, SPP, iuran gedung, dll) kompak berdatangan? Atau, Anda sakit keras dan nggak bisa bekerja, padahal status Anda pekerja lepas tanpa asuransi kesehatan? Oh noooo!
Bukan berniat menakut-nakuti Anda. Tapi, siapa sih yang bisa menebak peristiwa besok atau lusa? Tidak ada yang tahu.
Duh! Lalu, Bagaimana Rencana Keuangan Bisa Membantu Saya?
Rencana keuangan itu artinya merencanakan gimana Anda mengelola uang, termasuk uang yang masih berstatus ekspektasi. Begitu Anda mendapatkannya, kelola uang itu sesuai rencana. Dengan begitu Anda bisa mencapai segala yang Anda mau dalam hidup. Singkatnya, kalau tujuan keuangan itu garis akhir perjalanan, rencana keuangan adalah petanya.
Punya peta yang mumpuni tentu berguna sekali. Anda nggak bakal nyasar dan pusing mencari arah. Setiap kali ketemu hambatan, Anda bisa putuskan mau apa di langkah berikutnya: berusaha lenyapkan hambatan itu, atau putar balik dan ambil jalan lain.
Dengan rencana keuangan sebagai peta, Anda lebih PD memutuskan segala sesuatu. Tujuan jangka pendek (misalnya berlibur) maupun tujuan jangka panjang (misalnya hidup nyaman seusai pensiun) pun lebih gampang tercapai.

Dicopy dari : Managing your wealth ( by City )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com