Daftar Blog Saya

Apa yang anda cari

Pesan Tiket Pesawat

Rabu, 21 Juli 2010

Penderita Kanker di Indonesia Diperkirakan Naik 7 Kali Lipat

2/9/2007 10:24 WIB


Yanne Trisnawati - Jakarta,

Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) memperkirakan jumlah penderita kanker di Indonesia pada 2030 akan mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat.

Hal itu disampaikan Ketua POI Suhartati Gondhowiardjo usai acara Jakarta Penanggulangan Dana bagi Yayasan Kanker Indonesia di depan Hotel Four Season Jakarta Selatan, Minggu (2/9).

Suhartati menyebutkan, berdasarkan data dari WHO, pada 2005-2030 akan ada peningkatan jumlah penderita kanker hingga tiga kali lipat. WHO juga menyatakan, 70 persen penderita kanker berada di negara-negara berkembang.

Dari data tersebut, Suhartati menuturkan, jumlah penderita kanker di Indonesia sebagai negara berkembang akan mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat pada 2030 mendatang.

"Kalau kita bicara Indonesia sebagai negara berkembang, peningkatan jumlah penderita kanker bukan lagi 2,5 atau tiga kali lipat. Tapi kurang lebih menjadi sekitar tujuh kali lipat akan terjadi peningkatan jumlah penderita kanker di Indonesia pada 2030," ungkapnya.

Namun, menurut Suhartati, 43 persen diantaranya dapat dicegah dengan cara melakukan pola hidup sehat, antara lain pola pikir sehat dengan berpikir positif dan mengurangi stres, pola aktifitas sehat dengan istirahat yang cukup dan olahraga yang rutin setiap hari, serta pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah, memperbanyak makanan laut, kurangi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan penyedap rasa serta juga menghindari alkohol dan tembakau. (der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com