Kalau orang mau
memperhatikan syariat Islam dan seluruh ajarannya, maka dia akan mendapati
bahwa keseluruhannya tidak lain adalah untuk mashlahat dan kebahagiaan manusia.
Salah satu perilaku dan pengajaran tertinggi di dalam Islam adalah
diwajibkannya sifat amanah, yang ini merupakan perbendaharaan agama Islam,
kekayaan yang sangat mendasar dan bahkan agama itu merupakan amanah.
Ada tiga kata sepadan yang semuanya dibentuk dari huruf alif,
mim dan nun, ketiganya memiliki hubungan yang erat, yaitu aman, amanah dan iman
dan makna ketiganya hampir serupa yaitu menunjukkan kepada ketenangan atau
tuma’ninah. Amanah menunjukkan pada kepercayaan, dan kepercayaan adalah
ketenangan, sedang aman adalah hilangnya rasa takut dan ini juga berarti
ketenangan, kemudian iman bermakna pembenaran dan ketetapan (iqrar) serta amal
perbuatan, yang didalamnya terdapat pula ketenangan.
Oleh
karena itu Allah menyebut hamba-Nya dengan sebutan mukmin karena hanya orang
mukmin saja yang dapat memelihara amanat Allah, menunaikan serta memegangnya
dengan erat, sebagaimana difirmankan oleh Allah, artinya,
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, (QS. 23:8)
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, (QS. 23:8)
Dalam konteks perilaku
kehidupan sehari-hari amanah memilki arti tumbuhnya sikap untuk memelihara dan
menjaga apa saja yang menjadi perjanjian atau tanggungan manusia berupa benda
nyata atau yang bersifat maknawi. Hal ini seperti yang ditunjukkan di dalam
sabda nabi saw, “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan
ditanya tentang kepemimpinannya.â€
Maka amanah memiliki makna
yang sangat luas yang mencakup seluruh hubungan muamalah dan hak-hak pihak lain
yang harus ditunaikan.
Maka secara garis besar
amanah terbagi menjadi tiga bagian:
1. Amanah
dalam Menunaikan Hak-hak Allah Azza wa Jalla.
Yaitu dengan menauhidkan-Nya, mengesakan-Nya di dalam beribadah, mengerjakan apa yang Dia perintahkan dan menjauhi apa yang Dia larang, semata-mata untuk mengharapkan keridhaan Allah. Ini merupakan amanah yang terbesar, yang setiap hamba wajib melaksanakannya pertama kali sebelum amanah-amanah yang lain. Dan darinya akan muncul seluruh bentuk amanah yang lain.
Yaitu dengan menauhidkan-Nya, mengesakan-Nya di dalam beribadah, mengerjakan apa yang Dia perintahkan dan menjauhi apa yang Dia larang, semata-mata untuk mengharapkan keridhaan Allah. Ini merupakan amanah yang terbesar, yang setiap hamba wajib melaksanakannya pertama kali sebelum amanah-amanah yang lain. Dan darinya akan muncul seluruh bentuk amanah yang lain.
2. Amanah
dalam Nikmat yang Diberikan Allah.
Seperti nikmat pendengaran, penglihatan, pemeliharaan, harta dan anak-anak. Juga amanah badan dan segala isinya, kepala dan kemampuan otaknya untuk berfikir. Maka setiap mukallaf wajib menggunakan nikmat-nikmat tersebut sesuai fungsinya yang Allah ciptakan dan dalam rangka menunaikan perintah-perintah Allah.
Seperti nikmat pendengaran, penglihatan, pemeliharaan, harta dan anak-anak. Juga amanah badan dan segala isinya, kepala dan kemampuan otaknya untuk berfikir. Maka setiap mukallaf wajib menggunakan nikmat-nikmat tersebut sesuai fungsinya yang Allah ciptakan dan dalam rangka menunaikan perintah-perintah Allah.
Apabila anggota badan,
kesehatan, harta dan seluruh nikmat yang kita terima digunakan dalam rangka
mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, maka berarti kita telah merealisasikan
amanah serta menunaikan sesuai tuntutannya.
Dan sebagai balasannya maka
Allah akan menjaga dan memelihara orang yang berbuat demikian dan juga menjaga
nikmat tersebut. Nabi saw bersabda, artinya, “Jagalah Allah maka Dia akan
menjagamu, jagalah Allah maka dia akan kau dapati dihadapanmu.â€
Seorang salaf berkata,
“Barang siapa bertakwa kepada Allah maka dia telah menjaga dirinya sendiri,
dan barang siapa menyia-nyiakan ketakwaan kepada-Nya maka berarti dia
menyia-nyiakan dirinya sendiri, sedangkan Allah tidak pernah membutuhkannya.â€
Oleh karenanya siapa saja
yang menunaikan amanah dalam menjaga batasan-batasan Allah serta memelihara
hak-hak Nya, baik yang berkaitan dengan dirinya atau apa yang diberikan oleh
Allah berupa nikmat, harta dan sebagainya maka Allah akan menjaganya untuk
kebaikan agama dan dunianya. Sebab balasan itu sesuai dengan amal usaha
seseorang sebagaimana firman Allah swt, â€Hai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku
yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya
Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut
(tunduk).†(QS. 2:40)
“Hai orang-orang yang beriman,
jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan
kedudukanmu.†(QS. 47:7)
3. Amanah dalam
Menunaikan Hak Sesama Manusia
Seperti titipan, harta,
rahasia, aib dan kehormatan dan lain sebagainya. Al Qur’an telah menyebutkan
tentang keutamaan sifat amanah dalam banyak ayat, yang sekaligus menganjurkan
kepada kita untuk memelihara dan menjaganya. Diantaranya adalah firman Allah,
artinya, “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang
berhak menerimanya, Juga firman Allah yang menyebutkan sifat-sifat orang mukmin
yang berhak mendapatkan surga Firdaus Dan orang-orang yang memelihara
amanat-amanat†(yang dipikulnya) dan janjinya, (QS. 23:8)
Berkaitan dengan amanah ada
sebuah ayat yang sangat mulia yang menceritakan tentang tawaran Allah kepada
langit , bumi dan gunung untuk memikul amanah, namun mereka semua enggan karena
merasa tidak mampu, lalu amanah tersebut dipikul oleh manusia. Allah swt
berfirman, “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi
dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka
khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia.
Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh†(QS. 33:72)
Dalam ayat ini terkandung
penjelasan tentang beratnya amanah dan beban yang harus ditanggung oleh
manusia, dimana langit, bumi dan gunung sebagai makhluk Allah yang perkasa dan
kuat merasa lemah dan enggan untuk memikul amanah itu, takut dan khawatir jikalau
tidak sanggup menunaikannya.
Akan tetapi manusia
menawarkan diri untuk memikul amanah tersebut,dan dengan itu manusia berarti
telah berlaku zhalim terhadap diri sendiri, sekaligus telah bersikap bodoh
terhadap berbagai konskwensi yang begitu banyak dari amanah itu, berupa kerja
keras sehingga tidak menjadikannya terjerumus ke dalam siksa.
Oleh karenanya siapa saja
yang menerima amanah ini, menjaganya serta menunaikan hak-haknya maka dia
mendapatkan kemenangan dan pahala yang besar. Dan barang siapa yang menyia-nyiakannya,
menelantarkan hak-haknya maka dia akan merugi dan mendapatkan siksa. Maka dalam
lanjutan ayat Allah menjelaskan tiga golongan manusia dalam menunaikan amanah
tersebut, yaitu munafik, musyrik dan mukmin.
“Sehingga Allah mengazab
orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrikin laki-laki
dan perempuan; dan sehingga Allah menerima taubat orang-orang mu’min laki-laki
dan perempuan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 33:73)
Orang musyrik menyia-nyiakan
amanah secara lahir dan batin, orang munafik menyia-nyiakan amanah secara batin
meskipun secara lahirnya terlihat menunaikan amanah sedangkan orang mukmin
menjaga amanah Allah secara lahir dan batin.
Ada satu hal yang perlu
diperhatikan tentang kengganan langit, bumi dan gunung, yang berbeda dengan
keengganan iblis ketika diperintahkan sujud terhada Adam as. Perbedaanya adalah
bahwa keengganan langit, bumi dan gunung adalah timbul dari kelemahan dan
ketidakmampuan sedangkan keengganan iblis karena menolak dan takabbur
(sombong). Hal yang kedua adalah bahwa yang disampaikan kepada langit,bumi dan
gunung adalah tawaran yang disitu ada pilihan sedangkan yang disampaikan kepada
iblis adalah perintah wajib yang harus, tidak ada pilihan lain selain patuh.
Beberapa
Pelajaran Seputar Amanah
• Amanah adalah
akhlak yang bersifat utuh, tidak bisa hanya dilaksanakan sebagiannya saja. Maka
orang yang amanah terhadap yang sedikit dan berkhianat terhadap yang banyak dia
adalah khianah. Orang yang amanah dalam satu kondisi lalu berkhianat dalam
kondisi yang lain maka berarti tidak amanah.
• Amanah adalah
akhlak dan ciri keimanan. Dengan pendidikan keimanan dia akan menjadi baik dan
bersih yaitu dengan menumbuhkan rasa kedekatan Allah, yang tak satupun
tersembunyi di hadapan Allah, serta takut ketika ditanya di hadapan Allah.
Orang yang amanah hanya ketika ada orang lain berarti dia belum merealisasikan
amanah.
• Amanah adalah
bekal paling besar dan paling baik yang dimiliki seseorang, jika seseorang
terpercaya di dalam amanahnya maka itu merupakan kekayaan di dunia sebelum
nanti di akhirat.
• Amanah adalah
kekuatan, dalam pengaruh dan kekuasaan, kemuliaan dan kecukupan, bahkan
merupakan kekuatan jiwa sehingga tidak lemah dan tunduk terhadap hawa nafsu dan
segala yang membawa kepada kebinasaan.
• Lawan amanah
adalah khianah yaitu meninggalkan dan menyembunyikan yang hak dan yang
seharusya disampaikan. Dan ini merupakan karakter utama orang munafik
sebagaimana di dalam hadits yang masyhur, Nabi saw bersabda, artinya,
“Tanda-tanda orang munafik ada tiga, “Jika berbicara dusta, jika berjanji
mengingkari, dan jika dipercaya berkhianat.â€
Macam-macam
Khianat
Allah swt berfirman,
artinya, â€Hai orang-orang beriman, janganlah kamu, mengkhianati Allah dan
Rasul (Muhammad) dan juga janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang
dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.†(QS. 8:27
Berdasar
ayat ini, khianat ada tiga macam:
1. Khianat terhadap hak-hak Allah swt, yang paling besar adalah kufur dan syirik kemudian setelah itu disusul dengan fusuq (kefasikan) dan ‘ishyan (kemaksiatan) .Tauhid,shalat, puasa, ikhlas,zakat, ruku’,sujud,mandi janabah adalah contoh amanat seorang hamba di hadapan Allah swt, yang harus ditunaikan dengan benar dan tidak boleh dikhianati.
2. Khianat terhadap hak-hak Rasul saw, yaitu dengan meremehkan sunnah-sunnah dan pengajarannya, ghuluw (berlebihan) di dalam mengagungkan beliau, meninggalkan sunnah dan melakukan bid’ah atau membuat hal-hal baru di dalam agama padahal tidak pernah diajarkan oleh beliau saw.
3. Khianat terhadap hak-hak sesama manusia, seperti khianat di dalam harta, kehormatan atau nasihat terhadap mereka. Amanah terhadap sesama manusia amat banyak, diantaranya adalah amanat anak,orang tua, kerabat,suami- istri, tetangga,amanah dalam jual beli, berbicara, pekerjaan, ilmu, nasihat, dan lain sebagainya.
1. Khianat terhadap hak-hak Allah swt, yang paling besar adalah kufur dan syirik kemudian setelah itu disusul dengan fusuq (kefasikan) dan ‘ishyan (kemaksiatan) .Tauhid,shalat, puasa, ikhlas,zakat, ruku’,sujud,mandi janabah adalah contoh amanat seorang hamba di hadapan Allah swt, yang harus ditunaikan dengan benar dan tidak boleh dikhianati.
2. Khianat terhadap hak-hak Rasul saw, yaitu dengan meremehkan sunnah-sunnah dan pengajarannya, ghuluw (berlebihan) di dalam mengagungkan beliau, meninggalkan sunnah dan melakukan bid’ah atau membuat hal-hal baru di dalam agama padahal tidak pernah diajarkan oleh beliau saw.
3. Khianat terhadap hak-hak sesama manusia, seperti khianat di dalam harta, kehormatan atau nasihat terhadap mereka. Amanah terhadap sesama manusia amat banyak, diantaranya adalah amanat anak,orang tua, kerabat,suami- istri, tetangga,amanah dalam jual beli, berbicara, pekerjaan, ilmu, nasihat, dan lain sebagainya.
Semoga Allah menolong kita
semua untuk dapat melaksanakan amanah kehidupan ini, amin. Wallahu a’lam bish
shawab.
Sumber: â€Al-Amanah,
mafhumuha,shuwaruha ,tsamaratuha.†Asma’ binti Rasyid ar- Ruwaisyid.
Sumber : www.alsofwah.or.id ;www.tauziyah.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar